1. Kegiatan : Meminum minuman
yang berkemasan botol plastik
menggunakan sedotan kecil yang panjang
2. Identitas
Anak :
a. Nama :
b. Jenis
Kelamin :
c. Agama :
d. Nama
Sekolah :
e. Kelas :
f. Alamat :
3. Tujuan :
1. Siswa
dapat membuka menutup tutup botol
2. Siswa
dapat memasukkan sedotan di dalam botol
3. Siswa
dapat meminum air menggunakan botol dan sedotan tanpa bantuan orang lain
4. Materi :
Minuman dapat membantu kesehatan
manusia. Minuman ini terdapat suatu kemasan botol plastik, minuman yang ada di
botol plastuk beraneka ragam rasa. Ada rasa manis , kecut , maupun air mineral.
Didalam
botol terdiri dari tutup dan badan botol , tutup berfungsi untuk melindungi
agar air dalam kemasan tidak tumpah maupun terkena kotoran kotoran semacam
debu. Sedangkan badan botol digunakan untuk wadah air. Botol plastik yang
kosong ini dapat didaur ulang menjadi benda benda yang bermanfaat misalnya
sebagai kotak pensil.
5. Strategi
Pembelajaran : Foward Chaining
6. Prosedur :
Langkah
langkah strategi pembelajaran :
1. Anak
meletakkan botol air minum di meja
2. Anak
membedakan bagian tutup botol dengan badan botol
3. Anak
meletakkan tangan kanan di atas tutup
botol
4. Anak
meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol
agar tidak jatuh
5. Tangan
kanan anak memutar 3 putaran tutup botol
kearah kanan
6. Tangan
kanan menarik tutup botol ke atas
7. Meletakkan
tutup botol di meja
8. Mengambil
sedotan
9. Mencari
lubang botol yang telah terbuka
10. Memasukkan
sedotan di dalam botol
11. Mendekatkan
botol ke tubuh dengan kedua tangan
12. Mengangkat
botol sampai ujung sedotan menempel di depan mulut
13. Membuka
mulut agar sedotan masuk kedalam mulut
14. Menutup
mulut dengan sedotan
15. Menghisap
air menggunakan sedotan
16. Melepas
sedotan di dalam mulut menggunakan tangan
17. Meletakkan
botol kembali di meja
18. Mengeluarkan
sedotan dari botol
19. Menaruh
sedotan di meja
20. Mengambil
tutup botol
21. Membedakan
tutup atas dan bawah
22. Meletakkan
tutup di lubang botol
23. Anak
meletakkan tangan kanan di atas tutup
botol
24. Anak
meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol
agar tidak jatuh
25. Tangan
kanan anak memutar 3 putaran tutup botol
kearah kiri
7. Lembar
Penilaian :
NO
|
Langkah langkah Kegiatan
|
Tidak dapat menjawab
|
Dengan bantuan verbal dan non
verbal
|
Dengan bantuan non verbal
|
Dengan bantuan verbal
|
Tanpa Bantuan
|
1
|
Anak
meletakkan botol air minum di meja
|
|
|
|
|
|
2
|
Anak
membedakan bagian tutup botol dengan badan botol
|
|
|
|
|
|
3
|
Anak
meletakkan tangan kanan di atas tutup
botol
|
|
|
|
|
|
4
|
Anak
meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol
agar tidak jatuh
|
|
|
|
|
|
5
|
Tangan
kanan anak memutar 3 putaran tutup
botol kearah kanan
|
|
|
|
|
|
6
|
Tangan
kanan menarik tutup botol ke atas
|
|
|
|
|
|
7
|
Meletakkan
tutup botol di meja
|
|
|
|
|
|
8
|
Mengambil
sedotan
|
|
|
|
|
|
9
|
Mencari
lubang botol yang telah terbuka
|
|
|
|
|
|
10
|
Memasukkan
sedotan di dalam botol
|
|
|
|
|
|
11
|
Mendekatkan
botol ke tubuh dengan kedua tangan
|
|
|
|
|
|
12
|
Mengangkat
botol sampai ujung sedotan menempel di depan mulut
|
|
|
|
|
|
13
|
Membuka
mulut agar sedotan masuk kedalam mulut
|
|
|
|
|
|
14
|
Menutup
mulut dengan sedotan
|
|
|
|
|
|
15
|
Menghisap
air menggunakan sedotan
|
|
|
|
|
|
16
|
Melepas
sedotan di dalam mulut menggunakan tangan
|
|
|
|
|
|
17
|
Meletakkan
botol kembali di meja
|
|
|
|
|
|
18
|
Mengeluarkan
sedotan dari botol
|
|
|
|
|
|
19
|
Menaruh
sedotan di meja
|
|
|
|
|
|
20
|
Mengambil
tutup botol
|
|
|
|
|
|
21
|
Membedakan
tutup atas dan bawah
|
|
|
|
|
|
22
|
Meletakkan
tutup di lubang botol
|
|
|
|
|
|
23
|
Anak
meletakkan tangan kanan di atas tutup
botol
|
|
|
|
|
|
24
|
Anak
meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol
agar tidak jatuh
|
|
|
|
|
|
25
|
Tangan
kanan anak memutar 3 putaran tutup
botol kearah kiri
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai :
Tidak
dapat menjawab :
skor 1
Dengan
bantuan verbal dan non verbal : skor 2
Dengan
bantuan non verbal :
skor 3
Dengan
bantuan verbal :
skor 4
Tanpa
Bantuan :
skor 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar