Kamis, 15 Desember 2016

Program bina diri

1.    Kegiatan                           : Meminum minuman yang berkemasan botol plastik
menggunakan sedotan kecil yang panjang
2.    Identitas Anak     :
a.       Nama                    :
b.      Jenis Kelamin       :
c.       Agama                  :
d.      Nama Sekolah      :
e.       Kelas                    :
f.       Alamat                 :
3.    Tujuan                  :
1.      Siswa dapat membuka menutup tutup botol
2.      Siswa dapat memasukkan sedotan di dalam botol
3.      Siswa dapat meminum air menggunakan botol dan sedotan tanpa bantuan orang lain
4.    Materi                   :
Minuman dapat membantu kesehatan manusia. Minuman ini terdapat suatu kemasan botol plastik, minuman yang ada di botol plastuk beraneka ragam rasa. Ada rasa manis , kecut , maupun air mineral.
Didalam botol terdiri dari tutup dan badan botol , tutup berfungsi untuk melindungi agar air dalam kemasan tidak tumpah maupun terkena kotoran kotoran semacam debu. Sedangkan badan botol digunakan untuk wadah air. Botol plastik yang kosong ini dapat didaur ulang menjadi benda benda yang bermanfaat misalnya sebagai kotak pensil.
5.    Strategi Pembelajaran      : Foward Chaining
6.    Prosedur               :
Langkah langkah strategi pembelajaran :
1.      Anak meletakkan botol air minum di meja
2.      Anak membedakan bagian tutup botol dengan badan botol
3.      Anak meletakkan tangan kanan  di atas tutup botol
4.      Anak meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol agar tidak jatuh
5.      Tangan kanan anak  memutar 3 putaran tutup botol kearah kanan
6.      Tangan kanan menarik tutup botol ke atas
7.      Meletakkan tutup botol di meja
8.      Mengambil sedotan
9.      Mencari lubang botol yang telah terbuka
10.  Memasukkan sedotan di dalam botol
11.  Mendekatkan botol ke tubuh dengan kedua tangan
12.  Mengangkat botol sampai ujung sedotan menempel di depan mulut
13.  Membuka mulut agar sedotan masuk kedalam mulut
14.  Menutup mulut dengan sedotan
15.  Menghisap air menggunakan sedotan
16.  Melepas sedotan di dalam mulut menggunakan tangan
17.  Meletakkan botol kembali di meja
18.  Mengeluarkan sedotan dari botol
19.  Menaruh sedotan di meja
20.  Mengambil tutup botol
21.  Membedakan tutup atas dan bawah
22.  Meletakkan tutup di lubang botol
23.  Anak meletakkan tangan kanan  di atas tutup botol
24.  Anak meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol agar tidak jatuh
25.  Tangan kanan anak  memutar 3 putaran tutup botol kearah kiri
7.    Lembar Penilaian :
NO
Langkah langkah Kegiatan
Tidak dapat menjawab
Dengan bantuan verbal dan non verbal
Dengan bantuan non verbal
Dengan bantuan verbal
Tanpa Bantuan
1
Anak meletakkan botol air minum di meja





2
Anak membedakan bagian tutup botol dengan badan botol





3
Anak meletakkan tangan kanan  di atas tutup botol





4
Anak meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol agar tidak jatuh





5
Tangan kanan anak  memutar 3 putaran tutup botol kearah kanan





6
Tangan kanan menarik tutup botol ke atas





7
Meletakkan tutup botol di meja





8
Mengambil sedotan





9
Mencari lubang botol yang telah terbuka





10
Memasukkan sedotan di dalam botol





11
Mendekatkan botol ke tubuh dengan kedua tangan





12
Mengangkat botol sampai ujung sedotan menempel di depan mulut





13
Membuka mulut agar sedotan masuk kedalam mulut





14
Menutup mulut dengan sedotan





15
Menghisap air menggunakan sedotan





16
Melepas sedotan di dalam mulut menggunakan tangan





17
Meletakkan botol kembali di meja





18
Mengeluarkan sedotan dari botol





19
Menaruh sedotan di meja





20
Mengambil tutup botol





21
Membedakan tutup atas dan bawah





22
Meletakkan tutup di lubang botol





23
Anak meletakkan tangan kanan  di atas tutup botol





24
Anak meletakkan tangan kiri di badan botol sebelah kiri untuk menahan badan botol agar tidak jatuh





25
Tangan kanan anak  memutar 3 putaran tutup botol kearah kiri





Keterangan Nilai :
Tidak dapat menjawab                              : skor 1
Dengan bantuan verbal dan non verbal    : skor 2
Dengan bantuan non verbal                      : skor 3
Dengan bantuan verbal                             : skor 4
Tanpa Bantuan                                         : skor 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

efek gelembung