Kamis, 15 Desember 2016

Program Bina diri menyisir rambut 1



1.    Kegiatan                           : Menyisir rambut menggunakan sisir bergigi besar dan ada
 pegangan tangan
2.    SK                                    : 2. Mampu mengurus diri
KD                                   : 2.5 Memelihara rambut
Pertemuan ke                   : 1 (Mengenal Jenis sisir yang cocok untuk rambut anak)
3.    Identitas Anak     :
a.       Nama                    : Gita Dwi Cahyarani
b.      Wali Kelas            : Ibu Surya Wijayati, S.Pd
c.       Jenis Kelamin       : Perempuan
d.      Tanggal Lahir       : 26 Juli 2005 (10 tahun)
e.       Agama                  : Islam
f.       Nama Sekolah      : SLB Negeri Gedangan Sidoarjo
g.      Kelas                    : II-SDLBC
4.    Tujuan                  :
1.      Siswa dapat menyebutkan jenis rambutnya
2.      Siswa dapat menyebutkan 6 bentuk dan fungsi jenis jenis sisir
3.      Siswa dapat memilih 1 sisir yang cocok untuk jenis rambutnya
5.    Materi                   :
Merias diri merupakan suatu langkah untuk menjadikan penaampilan lebih menarik, salah satunya menyisir rambut. Setiap orang di berikan macam macam rambut oleh Tuhan Yang Maha Esa yaitu rambut keriting dan rambut lurus.Menyisir rambut harus disesuaikan dengan macam rambut agar tidak terjadi kerontokan pada rambut dan pastinya akan terlihat rapi.

















































6.    Strategi Pembelajaran      : Ceramah
7.    Prosedur               :
Langkah langkah strategi pembelajaran :
1.      Anak diberikan gambar sisir
2.      Anak membedakan gigi sisir dan pegangan sisir
3.      Anak diberikan gambar 3 jenis rambut
4.      Anak mengetahui rambut lurus
5.      Anak mengetahui rambut keriting
6.      Anak mengetahui rambut ikal
7.      Anak mengetahui jenis rambutnya
8.      Anak diberikan gambar 6 macam sisir
9.      Anak menyebutkan bentuk  sisir bergigi besar ada pegangan tangan
10.  Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
11.  Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
12.  Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
13.  Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
14.  Anak menyebutkan bentuk sisir bentuk bulat
15.  Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar ada pegangan tangan
16.  Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
17.  Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
18.  Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
19.  Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
20.  Anak menyebutkan fungsi sisir bentuk bulat
21.  Anak mengetahui sisir yang cocok untuk rambutnya
8.     Lembar Penilaian Anak:
NO
Langkah langkah Kegiatan
Tidak dapat menjawab
Dengan bantuan verbal dan non verbal
Dengan bantuan non verbal
Dengan bantuan verbal
Tanpa Bantuan
1
Anak membedakan gigi sisir dan pegangan sisir





2
Anak mengetahui rambut lurus





3
Anak mengetahui rambut keriting





4
Anak mengetahui rambut ikal





5
Anak mengetahui jenis rambutnya





6
Anak menyebutkan bentuk  sisir bergigi besar ada pegangan tangan





7
Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil ada pegangan tangan





8
Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan





9
Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan





10
Anak menyebutkan bentuk sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan





11
Anak menyebutkan bentuk sisir bentuk bulat





12
Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar ada pegangan tangan





13
Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil ada pegangan tangan





14
Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan





15
Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan





16
Anak menyebutkan fungsi sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan





17
Anak menyebutkan fungsi sisir bentuk bulat





18
Anak mengetahui sisir yang cocok untuk rambutnya






Keterangan Nilai :
Tidak dapat menjawab                              : skor 1
Dengan bantuan verbal dan non verbal    : skor 2
Dengan bantuan non verbal                      : skor 3
Dengan bantuan verbal                             : skor 4
Tanpa Bantuan                                         : skor 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

efek gelembung