1. Kegiatan : Menyisir rambut
menggunakan sisir bergigi besar dan ada
pegangan tangan
2. SK
: 2.
Mampu mengurus diri
KD :
2.5 Memelihara rambut
Pertemuan ke : 1 (Mengenal Jenis sisir yang cocok untuk rambut
anak)
3. Identitas
Anak :
a. Nama : Gita Dwi Cahyarani
b. Wali
Kelas : Ibu Surya Wijayati,
S.Pd
c. Jenis
Kelamin : Perempuan
d. Tanggal
Lahir : 26 Juli 2005 (10 tahun)
e. Agama : Islam
f. Nama
Sekolah : SLB Negeri Gedangan
Sidoarjo
g. Kelas : II-SDLBC
4. Tujuan :
1. Siswa
dapat menyebutkan jenis rambutnya
2. Siswa
dapat menyebutkan 6 bentuk dan fungsi jenis jenis sisir
3. Siswa
dapat memilih 1 sisir yang cocok untuk jenis rambutnya
5. Materi :
Merias diri merupakan suatu langkah untuk
menjadikan penaampilan lebih menarik, salah satunya menyisir rambut. Setiap orang
di berikan macam macam rambut oleh Tuhan Yang Maha Esa yaitu rambut keriting
dan rambut lurus.Menyisir rambut harus disesuaikan dengan macam rambut agar
tidak terjadi kerontokan pada rambut dan pastinya akan terlihat rapi.
7. Prosedur :
Langkah
langkah strategi pembelajaran :
1. Anak
diberikan gambar sisir
2. Anak
membedakan gigi sisir dan pegangan sisir
3. Anak
diberikan gambar 3 jenis rambut
4. Anak
mengetahui rambut lurus
5. Anak
mengetahui rambut keriting
6. Anak
mengetahui rambut ikal
7. Anak
mengetahui jenis rambutnya
8. Anak
diberikan gambar 6 macam sisir
9. Anak
menyebutkan bentuk sisir bergigi besar
ada pegangan tangan
10. Anak
menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
11. Anak
menyebutkan bentuk sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
12. Anak
menyebutkan bentuk sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
13. Anak
menyebutkan bentuk sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
14. Anak
menyebutkan bentuk sisir bentuk bulat
15. Anak
menyebutkan fungsi sisir bergigi besar ada pegangan tangan
16. Anak
menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
17. Anak
menyebutkan fungsi sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
18. Anak
menyebutkan fungsi sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
19. Anak
menyebutkan fungsi sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
20. Anak
menyebutkan fungsi sisir bentuk bulat
21. Anak
mengetahui sisir yang cocok untuk rambutnya
8. Lembar Penilaian Anak:
NO
|
Langkah langkah Kegiatan
|
Tidak dapat menjawab
|
Dengan bantuan verbal dan non
verbal
|
Dengan bantuan non verbal
|
Dengan bantuan verbal
|
Tanpa Bantuan
|
1
|
Anak membedakan
gigi sisir dan pegangan sisir
|
|||||
2
|
Anak mengetahui
rambut lurus
|
|||||
3
|
Anak mengetahui
rambut keriting
|
|||||
4
|
Anak mengetahui
rambut ikal
|
|||||
5
|
Anak mengetahui
jenis rambutnya
|
|||||
6
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bergigi besar ada
pegangan tangan
|
|||||
7
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
|
|||||
8
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
|
|||||
9
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
|
|||||
10
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
|
|||||
11
|
Anak menyebutkan
bentuk sisir bentuk bulat
|
|||||
12
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bergigi besar ada pegangan tangan
|
|||||
13
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bergigi kecil ada pegangan tangan
|
|||||
14
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bergigi besar tanpa pegangan tangan
|
|||||
15
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bergigi kecil tanpa pegangan tangan
|
|||||
16
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bergigi besar dan kecil tanpa pegangan tangan
|
|||||
17
|
Anak menyebutkan
fungsi sisir bentuk bulat
|
|||||
18
|
Anak mengetahui
sisir yang cocok untuk rambutnya
|
Keterangan
Nilai :
Tidak
dapat menjawab :
skor 1
Dengan
bantuan verbal dan non verbal : skor 2
Dengan
bantuan non verbal :
skor 3
Dengan
bantuan verbal :
skor 4
Tanpa
Bantuan :
skor 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar