Minggu, 04 Desember 2016

UTS Metodelogi Penelitian



1.        Pendekatan peneliitian kuantitatif , kualitatif dan campuran
a.       Pendekatan penelitian kuantitatif
Pendekatan penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menekankan pada fenomene-fenomena yang obyektif dan di gunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel-sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Adapun hasil dari penelitian merupakan generalisasi dan prediksi berdasarkan hasil-hasil pengukuran yang kebenaran hasil penelitiannya didukung oleh validitas cara/alat yang digunakan
b.      Pendekatan penelitian kualitatif
Pendekatan penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Data dihimpun dengan pengamatan yang seksama, mencakup deskripsi dalam konteks yang mendetail disertai catatan hasil wawancara yang mendalam, serta hasil analisis dokumen.
Penelitian kualitatif mempunyai dua tujuan utama yaitu:
menggambarkan dan mengungkap (to describe and explore) dan menggambarkan dan menjelaskan (to describe and explain) Dalam penggunaan pendekatan ini, hasil penelitian merupakan deskripsi interpretasi yang mana peneliti berusaha menjelaskan dan mendiskripsikan setiap obyek yang ditelitinya bersifat tentative dalam konstek waktu dan situasi tertentu. Kebenaran hasil penelitian lebih banyak didukung melalui kepercayaan berdasarkan konfirmasi dengan pihak-pihak yang diteliti. Pendekatatan ini sering disebut juga dengan pendekatan kualitatif.
c.       Pendekatan penelitian campuran
Penelitian metode campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Pendekatan ini melibatkan asumsi-asumsi filosofis, aplikasi pendekatan-pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta pencampuran (mixing) kedua pendekatan tersebut dalam satu penelitian. Pendekatan ini lebih kompleks dari sekadar mengumpulkan dan menganalisis dua jenis data; tetapi juga melibatkan fungsi dari dua pendekatan penelitian tersebut secara kolektif sehingga kekuatan penelitian ini secara keseluruhan lebih besar daripada penelitian kualitatif dan kuantitatif.

2.     Jenis jenis penelitian  :
Penelitian
Pengertian
Eksperimental
Penelitian Eksperimental merupakan penelitian yang palin murni kuantitatif, karena semua prinsip dan kaidah-kaidah penelitian kuantitatif dapat diterapkan pada metode ini. Penelitian Eksperimental merupakan penelitian labolatorium, walaupun bisa juga dilakukan diluar labolatorium, tetapi pelaksanaannya menerapkan prinsip-prinsip penelitian labolatorium, terutama dalam pengontrolan terhadap hal-hal yang mempengaruhi jalanya eksperimen. Metode ini bersifat validation atau menguji, yaitu menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Variabel yang memberi pengaruh dikelompokan sebagai variabel bebas (independent variables) dan variabel yang dipengaruhi dikelompokan sebagai variabel terikat (dependent variables).
 Korelasi
Metode Korelasi adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang di teliti. Penelitian dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta tersebut berdasarkan kerangka pemikiran tertentu.
 Komparasi
Metode Komparatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua variable ada perbedaan dalam suatu aspek yang diteliti. Dalam penelitian ini tidak ada manipulasi dari peneliti. Penelitian dilakukan secara alami, dengan mengumpulkan data dengan suatu instrument. Hasilnya dianalisis secara statistik untuk mencari perbedaan variable yang diteliti.
Subjek Tunggal
Eksperimen subjek tunggal (single subject experimental), merupakan eksperimen yang dilakukan terhadap subjek tunggal.
 Studi Kasus
Studi kasus (case study) merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu “kesatuan sistem”. Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terikat oleh tempat, waktu atau ikatan tertentu. Studi kasus adalah suatu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut.
Penelitian Kelas
Penelitian yang dilakukan oleh orang luar sekolah guna memperoleh data yang diinginkan oleh peneliti , dimana penelitian kelas yang sebagai objek penelitian adalah guru, disini peneliti hanya sekedar meneliti tanda adanya untuk meningkatkan ataupun mengatasi permasalahan anak di dalam kelas.
Ptk
Penelitian yg bersifat reflektif dengan melakukan tindakan – tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional
Survey
Metode penelitian survei adalah satu bentuk teknik penelitian di mana informasi dikumpulkan dari sejumlah sampel berupa orang, melalui pertanyaan-pertanyaan
Deskriptif
Penelitian deskriptif (descriptive research) adalah suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau, misalnya : berapa lama anak-anak usia pra sekolah menghabiskan waktunya untuk nonton TV
 Ethnografi
Penelitian kualitatif yang meneliti kehidupan suatu kelompok/masyarakat secara ilmiah yang bertujuan untuk mempelajari, mendeskripsikan, menganalisia, dan menafsirkan pola budaya suatu kelompok tersebut dalam hal perilaku, kepercayaan, bahasa, dan pandangan yang dianut bersama.
Graounded Theory
Grounded theory adalah suatu teori yang bersifat konseptual atau teori sebagai hasil pemikiran induktif dari data yang dihasilkan dalam penelitian mengenai suatu fenomena. Atau suatu teori yang dibangun dari data suatu fenomena dan dianalisis secara induktif, bukan hasil pengujian teori yang telah ada.
Fenomenologi
Pendekatan fenomenologi merupakan tradisi penelitian kualitatif yang berakar pada filosofi dan psikologi, dan berfokus pada pengalaman hidup manusia (sosiologiPenelitian ini akan berdiskusi tentang suatu objek kajian dangan memahami inti pengalaman dari suatu fenomena.

3.    Pengertian istilah-istilah berikut dan contohnya !
NO
Pengertian
Contoh
A
Rumusan Masalah adalah usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang perlu dijawab atau dicarikan jalan pemecahan masalahnya. Rumusan masalah merupakan suatu penjabaran dari identifikasi masalah dan pembatasan masalah
1. Deskriptif
– Berapa persen tingkat disiplin kerja di peternakan A ?
– Seberapa jauh efektivitas kerja di peternakan A ?
2. Komparatif
– Bagaimana perbedaan disiplin kerja di peternakan A dengan di peternakan B ?
– Apakah terdapat perbedaan efektivitas kerja di peternakan A dengan peternakan B ?
3. Asosiatif
– Apakah terdapat hubungan antara peternakan A dan peternakan B ?
– Bagaimana hubungan antara peternakan A dan peternakan B ?
B
Identifikasi Masalah merupakan suatu tahap permulaan dari penguasaan masalah di mana objek dalam suatu jalinan tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah (Suriasumantri, 2001: 309). Dan menurut Amien Silalahi, (2003: 21), identifikasi masalah artinya usaha mendaftar sebanyak-banyaknya pertanyaan terhadap masalah yang terjadi yang sekiranya dapat dicari jawaban melalui penelitian
  1. Bagaimana proses liberalisasi perdagangan dalam organisasi perdagangan dunia (World Trade Organization/WTO)?
  2. Bagaimana pengaruh liberalisasi perdagangan global terhadap kebijakan perdagangan Indonesia?
  3. Sejauhmana kebijakan perdagangan Indonesia mengahadapi liberalisasi perdagangan global?
C
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara tingkat kecerdasan siswa SMP dengan prestasi belajar mereka dalam matapelajaran Matematika.
D
Variabel adalah suatu besaran yang bisa diubah atau bisa berubah sehingga bisa mempengaruhi peristiwa ataupun sebuah hasil penelitian
Contoh variabel control yaitu apakah perbedaan tenaga kerja karyawan kantor yang lulusan D3 dengan SI. Maka terlebih dahulu harus ditetapkan varibel control contohnya yaitu berupa gaji yang sama, perlatan yang sama jadi varibael control tersebut bisa memudahkan dalam menentukan sebuah perbedaan
E
Populasi adalah totalitas dari semua objek atau individu yang memiliki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap yang akan di teliti (bahan penelitian). 
-Populasi mahasiswa Universitas Gunadarma
-Populasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi 
-Populasi mahasiswa Sistem Informasi , Filkom, UG
F
Sampel adalah bagian dari populasi yang di ambil melalu cara-cara tertentu yang jga memilki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap yang di anggap bisa mewakili populasi
Pedagang eceran beras hanya meneliti segenggam beras untuk menentukan kualitas sekarung beras, pedagang emas hanya meneliti bekas gosokan dari perhiasan tersebut untuk menentukan kualitas emas perhiasan tersebut, peneliti lingkungan hanya meneliti beberapa milliliter air untuk menentukan kualitas air pada suatu sungai atau danau
G
Hipotesis adalah pendapat yang kebenarannya masih diragukan. Untuk bisa memastikan kebenaran dari pendapat tersebut, maka suatu hipotesis harus diuji atau dibuktikan kebenarannya.
Seorang peneliti ingin mengetahui apakah bakso di restoran Bakso Idola Malang mengandung boraks atau tidak. Maka peneliti dapat membuat rumusan masalah seperti berikut: Apakah bakso di restoran Bakso Idola Malang mengandung boraks? Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan adalah variabel tunggal yakni bakso di restoran Bakso Idola Malang, maka hipotesis yang digunakan adalah hipotesis deskriptif. Ada dua pilihan hipotesis yang dapat dibuat oleh peneliti sesuai dengan dasar teori yang ia gunakan, yakni:
Ho : Bakso di restoran Bakso Idola Malang mengandung boraks
Atau
H1 : Bakso di restoran Bakso Idola Malang tidak mengandung boraks
H
Informan adalah seseorang yang memberikan suatu informasi terkait data/informasi yang dibutuhkan oleh peneliti
Informan dari Kepala Sekolah mengenai kemampuan guru dalam mengajar anak kelas 2
I
Sumber Data  dalam penelitian adalah subjek dari mana data dapat diperoleh
Peneliti yang mengamati tumbuhnya jagung, sumber datanya adalah jagung, sedang objek penelitiannya adalah pertumbuhan jagung. Apabila peneliti menggunakan dokumentasi, maka dokumen dan catatanlah yang menjadi sumber data, sedang isi catatan merupakan subjek penelitian atau variabel penelitian.
J

Settimg Penelitian berarti latar belakang dan tempat yang dijadikan lokasi penelitian.


Tempat yang dijadikan lokasi pada peneliti ini adalah anak didik TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Kota Magelang Kelompok A2. Lokasi tersebut dipilih berdasarkan latar belakang anak didik yang bersekolah di TK tersebut tingkat kemandirian masih kurang.

K
Subyek Penelitian adalah pihak-pihak yang dijadikan sebagai sampel dalam sebuah penelitian. Subjek penelitian juga membahas karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian, termasuk penjelasan mengenai populasi, sampel dan teknik sampling (acak/non-acak) yang digunakan.
20 anak tuangarhita sedang
L
Asumsi adalah pernyataan yang dapat diuji kebenarannya secara empiris berdasarkan pada penemuan, pengamatan dan percobaan dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya
Peneliti mengajukan asumsi bahwa sikap seseorang dapat diukur dengan menggunakan skala sikap
M
Definisi operasional diperlukan apabila diperkirakan akan timbul perbedaan pengertian atau kekurangjelasan makna seandainya penegasan istilah tidak diberikan
Contoh definisi operasional dari variabel “prestasi aritmatika” adalah kompetensi dalam bidang aritmatika yang meliputi menambah, mengurangi, mengalikan, membagi, dan menggunakan desimal
N
-          Manfaat Teoritis : menjelaskan bahwa hasil penelitian bermanfaat memberikan sumbangan pemikiran atau memperkaya konsep-konsep, teori-teori terhadap ilmu pengetahuan dari penelitian yang sesuai dengan bidang ilmu dalam suatu penelitian.
-          Manfaat Praktis
Menjelaskan bahwa hasil penelitian bermanfaat memberikan sumbangan pemikiran bagi pemecahan masalah yang berhubungan dengan topik atau tema sentral dari suatu penelitian penelitian  ini berguna secara teknis untuk memperbaiki, meningkatkan dlsb suatu keadaan berdasarkan penelitian yang dilakukan dan mencari solusi bagi pemecahan masalah yang ditemukan pada penelitian
-       Manfaat Teoritis
Hasil Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam memperkaya wawasan konsep praktek pekerjaan sosial terutama tentang intervensii pekerjaan sosial terhadap anak autisme
-       Manfaat praktis
Hasil penelitian ini secara praktis diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran terhadap pemecahan masalah yang berkaitan dengan masalah sosialisasi pada anak autisme.

O
Instrumen merupakan suatu pengukuran variabel yang akan diteliti
Contoh instrumen Bina diri
Berilah tanda (V)

Pernyataan
A
B
C
Anak mampu memegang sendok menggunakan tangan kanan



Anak mampu mengambil nasi menggunakan sendok



dll



Keterangan :
A : Mampu
B : Mampu dengan bantuan
C  :Tidak mampu sama sekali
P
Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum.
·    Tamara Bleszynski adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.
·    Nia Ramadhani adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik
Generalisasinya adalah Semua bintang iklan berparas cantik.
Q
Transferable (Keteralihan) suatu Pengujian Keabsahan Data yang menguji tentang apakah hasil penelitian ini dapat diterapkan pada situasi yang lain.
Hasil penelitian ini dapat diterapkan pada situasi yang lain jika dalam penelitian lain terdapat kesamaan, sehingga mempermudah dan memperluas pembahasan permasalahan.
R
Signifikansi penelitian adalah suatu hal yang menyatakan tingkat kebenaran yang tidak bisa lepas dari suatu persoalan
Hasil penelitian itu memiliki signifikan sebesar 0,02% maka artinya presentasi penelitian tersebut memiliki kebenaran sebesar 98% dimana kemungkinan terjadi kesalahan sebesar 2% saja
S
Kerangka pikir penelitian adalah  penjelasan sementara terhadap suatu gejala yang menjadi objek permasalahan kita. Kerangka berpikir iini disusun dengan berdasarkan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitian yang relevan atau terkait.

Image result for contoh Kerangka pikir penelitian











4.  Judul penelitian yang sesuai untuk metode penelitian berikut
    1. Pra-Eksperimen
Efektivitas Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Pokok Bahasan Himpunan Di Smp Negeri 10 Kendari.
    1. Studi Kasus
Pengaruh Proyek Ccad Terhadap Tingkat Pendapatan Usahatani Di Kabupatenmanokwari (Studi Kasus Di Desa Meigforga Dan Di Desa Imhasuma)”
    1. Ssr
“Pengaruh Permainan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Autis Kelas Tk Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta”
    1. Ptk  
“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pemecahan Masalah Yang Melibatkan Uang Melalui Metode Simulasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iii B Sdn Cicadas 03 Gunung Putri Bogor)”                           
    1. Penelitian Kelas
“Pengaruh pendidikan non formal Pramuka dalam kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita sedang di SLBC II Kediri”
    1. Survey
“Stress And Burnout In Rural And Urban Secondary School Teachers”


    1. Korelasi
“Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kompetensi Interpersonal Pada Remaja (Studi Korelasi Pada Remaja Tunanetra Yang Mengalami Ketunanetraan Tidak Sejak Dari Lahir Di Psbn Wyata Guna Bandung)”
    1. Komparasi
“Studi Komparatif Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menganalisis Rangkaian Listrik Dan Elektronika Di Smkn 12 Bandung”
    1. R & D
“Pengembangan Pola Pembelajaran Teknologi Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus”

5.    Ciri-ciri khusus dari desain/ rancangan penelitian
NO
Desain/rancangan penelitian
Ciri-ciri Khusus
A
Studi Kasus
·      Penelitian yang membahas mengenai suatu permasalahan yang dialami seseoarang ataupun tempat
·      Di dalam studi kasus terdapat program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terikat oleh tempat, waktu atau ikatan tertentu.
·      Penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut.
·      Metode pengumpulan data, seperti wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi
B
PTK
·      Penelitian dilakukan oleh guru
·      Rencana penelitian dilakukan oleh guru (mungkin dibantu oleh orang lain)
·      Munculnya masalah dirasakan oleh guru (mungkin dengan dorongan orang luar)
·      Ciri utama adanya tindakan untuk perbaikan yang berulang
·      Peran guru sebagai guru dan peneliti
·      Tempat penelitian di kelas
·      Proses pengumpulan data oleh guru sendiri atau bantuan orang lain
·      Hasil penelitian langsung dapat dimanfaatkan oleh guru, dan dirasakan oleh kelas
C
Subjek Tunggal
·      Penelitian yang diteliti menggunakan suatu subjek penelitian hanya satu saja
D
Pre-eksperimen
·      Belum merupakan kegiatan eksperimen sungguhan, karena dalam proses eksperimen jenis ini belum dilakukan randomisasi sampel dan tidak adanya kontrol yang memadai terhadap variabel-variabel pengganggu
·      Dalam pre experimental design terdapat tiga alternatif design, antara lain (1) One-Shot Case Study, (2) The One Group Pretes-Posttest Design, dan (3) The Ststic-Group Comparison. Untuk lebih memahami ketiga rancangan penelitian eksperimental tersebut terlebih dahulu diperkenalkan perjanjian berikut:
1.        Simbol “X” adalah kelompok yang akan diberi stimulus dalam eksperimen
2.        Simbol “O” adalah kejadian pengukuran atau pengamatan.
3.        Simbol “R” adalah anggota kelompok sampel yang dipilih secara acak
E
Penelitian Kelas
·      Penelitian dilakukan oleh orang luar
·      Rencana penelitian dilakukan oleh peneliti
·      Munculnya masalah dirasakan oleh orang luar
·      Ciri utama penelitian belum tentu ada tindakan perbaikan
·      Peran guru sebagai guru (objek penelitian)
·      Tempat penelitian di kelas
·      Proses pengumpulan data dilakukan oleh penelitian
·      Hasil penelitian menjadi miliki peneliti, belum tentu dimanfaatkan oleh guru
F
Korelasi
·      Penelitian korelasi merupakan bentuk penelitian untuk memeriksa hubungan diantara dua konsep
·      Tidak ada kontrol atau manipulasi terhadap variabel.


                Daftar Pustaka :
Semua Blog atau website yang membahas mengenai metodelogi penelitian


                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

efek gelembung