- Kegiatan : Membuat teh celup dengan gelas plastik
- SK : 1. Merawat diri
- KD : 1.2 Membuat minuman
- Tujuan : · Siswa dapat menyebutkan 7 alat dan bahan membuat teh celup· Siswa dapat menyiapkan bahan bahan membuat teh celup· Siswa dapat membuat teh celup tanpa bantuan orang lain
- Identitas
Anak : Nama : Gita Dwi CahyaraniWali Kelas : Ibu Surya Wijayati, S.PdJenis Kelamin : PerempuanTanggal Lahir : 26 Juli 2005 (10 tahun)Agama : IslamNama Sekolah : SLB Negeri Gedangan SidoarjoKelas : II-SDLBC
- Materi : Membuat teh
sendiri sangat diperlukan agar tidak membebani orang lain , bahkan saat ada
tamu bisa membuatkan teh hangat untuk tamu.Alat dan bahan untuk membuat teh adalah :
Gula teh celup botol+air dingin Gelas Termos+air panas Sendok - Strategi Pembelajaran : Foward Chaining
- Prosedure : 1. Anak menyiapkan alat dan bahan untuk membuat teh celup2. Anak mengambil gelas plastik3. Anak membuka termos4. Anak mengangkat termos menuju gelas5. Tangan kiri memegang gelas plastik6. Menempelkan mulut termos ke mulut gelas7. Menuangkan air didalam termos8. Menuangkan air sampai seperempat gelas9. Menuangkan air sampai setengah gelas10. Mengangkat termos11. Meletakkan termos di meja12. Menutup termos13. Mengambil teh celup14. Membedakan teh dan pegangan tangan15. Mencelupkan teh ke dalam gelas16. Mengangkat pegangan tangan ke atas17. Mencelupkan teh ke dalam gelas18. Mengangkat pegangan tangan ke atas19. Mencelupkan teh ke dalam gelas20. Mengangkat pegangan tangan ke atas21. Mengangkat teh22. Meletakkan teh di meja23. Mengambil sendok makan24. Memegang sendok makan25. Memasukkan sendok makan di dalam tempat gula26. Mengambil gula dengan sendok makan27. Mengangkat dan memindahkan sendok yang berisi gula menuju ke gelas28. Menuangkan gula ke dalam gelas29. Memutar atau mengaduk gelas sampai gula larut30. Memasukkan setengah gelas air dingin ke dalam gelas31. Mengaduk atau memutar teh sampai larut32. Mencicipi teh menggunakan sendok makan
- Lembar Penilaian Anak :
NO
|
Langkah langkah Kegiatan
|
Tidak dapat menjawab
|
Dengan bantuan verbal dan non
verbal
|
Dengan bantuan non verbal
|
Dengan bantuan verbal
|
Tanpa Bantuan
|
1.
|
Anak
menyiapkan alat dan bahan untuk membuat teh celup
|
|
|
|
|
|
2.
|
Anak
mengambil gelas plastik
|
|
|
|
|
|
3.
|
Anak
membuka termos
|
|
|
|
|
|
4.
|
Anak
mengangkat termos menuju gelas
|
|
|
|
|
|
5.
|
Tangan
kiri memegang gelas plastik
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menempelkan
mulut termos ke mulut gelas
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menuangkan
air didalam termos
|
|
|
|
|
|
8.
|
Menuangkan
air sampai seperempat gelas
|
|
|
|
|
|
9.
|
Menuangkan
air sampai setengah gelas
|
|
|
|
|
|
10.
|
Mengangkat
termos
|
|
|
|
|
|
11.
|
Meletakkan
termos di meja
|
|
|
|
|
|
12.
|
Menutup
termos
|
|
|
|
|
|
13.
|
Mengambil
teh celup
|
|
|
|
|
|
14.
|
Membedakan
teh dan pegangan tangan
|
|
|
|
|
|
15.
|
Mencelupkan
teh ke dalam gelas
|
|
|
|
|
|
16.
|
Mengangkat
pegangan tangan ke atas
|
|
|
|
|
|
17.
|
Mencelupkan
teh ke dalam gelas
|
|
|
|
|
|
18.
|
Mengangkat
pegangan tangan ke atas
|
|
|
|
|
|
19.
|
Mencelupkan
teh ke dalam gelas
|
|
|
|
|
|
20.
|
Mengangkat
pegangan tangan ke atas
|
|
|
|
|
|
21.
|
Mengangkat
teh
|
|
|
|
|
|
22.
|
Meletakkan
teh di meja
|
|
|
|
|
|
23.
|
Mengambil
sendok makan
|
|
|
|
|
|
24.
|
Memegang
sendok makan
|
|
|
|
|
|
25.
|
Memasukkan
sendok makan di dalam tempat gula
|
|
|
|
|
|
26.
|
Mengambil
gula dengan sendok makan
|
|
|
|
|
|
27.
|
Mengangkat
dan memindahkan sendok yang berisi gula menuju ke gelas
|
|
|
|
|
|
28.
|
Menuangkan
gula ke dalam gelas
|
|
|
|
|
|
29.
|
Memutar
atau mengaduk gelas sampai gula larut
|
|
|
|
|
|
30.
|
Memasukkan
setengah gelas air dingin ke dalam gelas
|
|
|
|
|
|
31.
|
Mengaduk
atau memutar teh sampai larut
|
|
|
|
|
|
32.
|
Mencicipi
teh menggunakan sendok makan
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai :
Tidak
dapat menjawab :
skor 1
Dengan
bantuan verbal dan non verbal : skor 2
Dengan
bantuan non verbal :
skor 3
Dengan
bantuan verbal :
skor 4
Tanpa
Bantuan :
skor 5
mantap program nya
BalasHapusSupplier Tas Terbesar