1. Kegiatan : Menyisir rambut menggunakan
sisir bergigi besar dan ada
pegangan tangan
2. SK
: 2. Mampu
mengurus diri
3. KD : 2.5 Memelihara rambut
4. Pertemuan
ke : 2 (Menyisir rambut)
5.
Identitas
Anak :
Nama : Gita Dwi Cahyarani
Wali Kelas : Ibu Surya Wijayati, S.Pd
Jenis Kelamin : Perempuan
Tanggal Lahir : 26 Juli 2005 (10 tahun)
Agama : Islam
Nama Sekolah : SLB Negeri Gedangan Sidoarjo
Kelas : II-SDLBC
6.
Tujuan :
1.
Siswa
dapat menyebutkan sisir yang cocok untuk jenis rambutnya
2.
Siswa
dapat menyisir rambut tanpa bantuan orang lain
7. Materi :
Merias
diri merupakan suatu langkah untuk menjadikan penaampilan lebih menarik, salah
satunya menyisir rambut. Setiap orang di berikan macam macam rambut oleh Tuhan
Yang Maha Esa yaitu rambut keriting dan rambut lurus.Menyisir rambut harus
disesuaikan dengan macam rambut agar tidak terjadi kerontokan pada rambut dan
pastinya akan terlihat rapi.
8. Strategi
Pembelajaran: Foward Chaining
9.
Prosedur :
Langkah
langkah strategi pembelajaran :
1.
Anak
membedakan gigi sisir dan pegangan tangan
2.
Anak
memgang pegangan tangan sisir menggunakan tangan kanan
3.
Anak
meletakkan gigi sisir pada rambut samping telinga kanan
4.
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
5.
Anak
mengangkat sisir
6.
Anak
meletakkan gigi sisir di sebelah kiri pada rambut yang telah disisir
7.
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
8.
Anak
mengangkat sisir
9.
Anak
meletakkan gigi sisir pada rambut atas jidat
10.
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
11.
Anak
mengangkat sisir
12.
Anak
meletakkan gigi sisir dari kiri ke kiri dan menariknya ke bawah telinga sampai
pada samping telinga kiri
13.
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga kiri
14.
Anak
mengangkat sisir
15.
Anak
membelah rambut menjadi 2 bagian
16.
Anak
menggenggam belahan rambut di bawah telinga kiri menggunakan tangan kiri
17.
Anak
memegang sisir dengan tangan kanan
18.
Anak
meletakkan gigi sisir di bawah tangan kiri
19.
Anak
menarik sisir sampai ke ujung rambut
20.
Anak
menarik sisir sampai rambut bagian bawah terlihat rapi
21.
Anak
menggenggam belahan rambut di bawah telinga kanan menggunakan tangan kiri
22.
Anak
memegang sisir dengan tangan kanan
23.
Anak
meletakkan gigi sisir di bawah tangan kiri
24.
Anak
menarik sisir sampai ke ujung rambut
25.
Anak
menarik sisir sampai rambut bagian bawah terlihat rapi
26.
Anak
menjadikan 2 belahan rambut menjadi satu bagian
27.
Anak
menundukkan kepala
28.
Anak
menyisir rambut dari atas ke ujung rambut dimulai dari rambut sebelah telinga
kanan sampai pada telinga sebelah telinga kiri
29.
Anak
merapikan rambut dengan melihat cermin
3.
Lembar Penilaian Anak:
NO
|
Langkah langkah Kegiatan
|
Tidak dapat menjawab
|
Dengan bantuan verbal dan non
verbal
|
Dengan bantuan non verbal
|
Dengan bantuan verbal
|
Tanpa Bantuan
|
1.
|
Anak
membedakan gigi sisir dan pegangan tangan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Anak
memegang pegangan tangan sisir menggunakan tangan kanan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Anak
meletakkan gigi sisir pada rambut samping telinga kanan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
|
|
|
|
|
|
5.
|
Anak
mengangkat sisir
|
|
|
|
|
|
6.
|
Anak
meletakkan gigi sisir di sebelah kiri pada rambut yang telah disisir
|
|
|
|
|
|
7.
|
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
|
|
|
|
|
|
8.
|
Anak
mengangkat sisir
|
|
|
|
|
|
9.
|
Anak
meletakkan gigi sisir pada rambut atas jidat
|
|
|
|
|
|
10.
|
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga
|
|
|
|
|
|
11.
|
Anak
mengangkat sisir
|
|
|
|
|
|
12.
|
Anak
meletakkan gigi sisir dari kiri ke kiri dan menariknya ke bawah telinga
sampai pada samping telinga kiri
|
|
|
|
|
|
13.
|
Anak
menarik tangan ke bawah sampai ke bawah telinga kiri
|
|
|
|
|
|
14.
|
Anak
mengangkat sisir
|
|
|
|
|
|
15.
|
Anak
membelah rambut menjadi 2 bagian
|
|
|
|
|
|
16.
|
Anak
menggenggam belahan rambut di bawah telinga kiri menggunakan tangan kiri
|
|
|
|
|
|
17.
|
Anak
memegang sisir dengan tangan kanan
|
|
|
|
|
|
18.
|
Anak
meletakkan gigi sisir di bawah tangan kiri
|
|
|
|
|
|
19.
|
Anak
menarik sisir sampai ke ujung rambut
|
|
|
|
|
|
20.
|
Anak
menarik sisir sampai rambut bagian bawah terlihat rapi
|
|
|
|
|
|
21.
|
Anak
menggenggam belahan rambut di bawah telinga kanan menggunakan tangan kiri
|
|
|
|
|
|
22.
|
Anak
memegang sisir dengan tangan kanan
|
|
|
|
|
|
23.
|
Anak
meletakkan gigi sisir di bawah tangan kiri
|
|
|
|
|
|
24.
|
Anak
menarik sisir sampai ke ujung rambut
|
|
|
|
|
|
25.
|
Anak
menarik sisir sampai rambut bagian bawah terlihat rapi
|
|
|
|
|
|
26.
|
Anak
menjadikan 2 belahan rambut menjadi satu bagian
|
|
|
|
|
|
27.
|
Anak
menundukkan kepala
|
|
|
|
|
|
28.
|
Anak
menyisir rambut dari atas ke ujung rambut dimulai dari rambut sebelah telinga
kanan sampai pada telinga sebelah telinga kiri
|
|
|
|
|
|
29.
|
Anak
merapikan rambut dengan melihat cermin
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai :
Tidak
dapat menjawab :
skor 1
Dengan
bantuan verbal dan non verbal : skor 2
Dengan
bantuan non verbal :
skor 3
Dengan
bantuan verbal :
skor 4
Tanpa
Bantuan :
skor 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar